Selasa, 09 Juni 2009

Cara Membuat Body dari Fiberglass Bag.1

Pengenalan bahan :
Tak kenal maka tak sayang demikian juga dengan bahan fiberglass. Kalo gak kenal ya gak jadi dong... he he he. Oke berikut adalah nama bahan-bahannya serta ciri-cirinya :
  1. Katalis : Cair, berwarna bening, baunya sgt menyengat, sering disebut jg hardener, berfungsi sbg pengering saat dicampur resin. penggunaan katalis 1% dr resin dalam kondisi dingin. klo cuaca panas cukup 0.8% dr resin.
  2. Pigmen/Pewarna : Berbentuk kental atau pasta. manfaatnya untuk memberi warna atau sebagai perwarnaan dasar dr adonan fiberm sehingga saat finishing dan pengecatan, fiber tidak memerlukan banyak cat. tersedia dlm berbagai warna. pigmen dicampur pada resin dengan komposisi sesuai kebutuhan : dibuat pekat atau hanya samar-samar.
  3. Resin : wujudnya cairan kental seperti oli berwarna putih kekuning-kuningan atau pink, berbau sangat menyengat. resin berguna sebagai bahan dasar fiber atau campuran perekat. zat ini diadon bareng katalis, tapi komposisinya lebih banyak daripada katalis.
  4. Talc/Powder : berbentuk bubuk seperti bedak atau tepung berwarna putih. lazimnya difungsikan sbg dempul atau campuran adonan fiber, bahan ini dipakai untuk membantu proese produksi fiber agar tidak terlalu banyak memakai resin. intinya, bubuk ini digabung dengan resin dengan komposisi tertentu. umumnya talk juga diisebut kalsium karbonat.
  5. Fumed silica : berwujud bubuk bening sangat halus seperti kapas, berguna sbg campuran resin untuk membuat permukaan fiber lebih keras, terutama saat membuat master cetakan. ada beberapa merk seperti Hdk.
  6. Matt : Bentuknya anyaman benang-benang halus berwarna putih. berguna sebagai bahan pembentuk fiber dan mengikat zat kimia adonan.
  7. Roving/Matt : ini juga material pengikat. sekaligus penguat fiber. bentuknya juga anyaman seperti matt, hanya lebih kasar seperti karung. ada ukuran 200, 400,600,800
  8. Cobalt : Berupa zat cair bening yang memiliki aroma menyengat. kegunaannya mirip katalis, tp untuk mempercepat pengeringan. cobalt akan bereaksi panas klo kena katalis. makanya resin yang sudah ada cobaltnya klo kena katalis akan panas. pakenya 0,1 - 0,2 persen dr resin.
  9. Mirror Glaze/MGH 8 : berbentuk pasta atau krim agak padat,spt compound dan dimanfaatkan sbg pelapis antara bidang mal atau cetakan dan material adonan fiber sehingga kedua bagian tadi tidak saling menempel.
  10. PVA : Mirip mirror glaze. bahan ini juga berfungsi sbg pelapis antara mal dan adonan fiber untuk produksi massal. penggunaanya bs digabung dengan mirror atau mengganti fungsi mirror.

Sumber : http://www.kaskus.us

Tidak ada komentar: